Pages

Sunday, May 15, 2011

ROTI GANDUM

 
Di antara berbagai jenis roti, ada yang disebut roti gandum atau whole wheat bread. Roti jenis ini mengandung karbohidrat kompleks dan berserat tinggi. Karbohidrat kompleks akan langsung terbakar menjadi energi dan tidak tersimpan menjadi lemak.
Roti yang berwarna coklat biasa (brown bread) tidak dapat disamakan dengan roti gandum utuh (whole grain bread atau whole wheat bread). Bahkan beberapa roti sengaja ditambahkan pewarna agar berwarna coklat menyerupai roti gandum utuh.  Dalam label beberapa roti gandum tertulis “caramel coloring” yang menunjukkan bahwa roti tersebut diberi tambahan karamel untuk memberi warna coklat. Bahkan beberapa jenis roti yang berlabel “multi-grain” bread, “rye” bread, “5 grain” atau “7 grain” bread tidak serta merta menunjukkan bahwa roti tersebut menggunakan biji gandum utuh dalam proses pembuatannya.
Di Amerika Serikat dan Kanada, hanya roti yang berlabel “whole wheat” yang benar-benar menggunakan tepung gandum utuh dalam pemrosesannya. Sementara beberapa roti berlabel “wheat bread” (roti gandum) hanya menggunakan kombinasi tepung halus putih biasa dan tepung gandum utuh. Jadi sebagai salah satu contoh pedomannya adalah label “whole”.

Kandungan Roti Gandum

Dibandingkan dengan roti putih, roti gandum memiliki keunggulan dalam hal vitamin B2, B6, E, niasin, asam folat, magnesium, besi, tembaga, seng, mangan. Zat besi roti gandum tiga kali lebih banyak daripada roti putih yang belum diperkaya aneka zat gizi, sedangkan vitamin E-nya 16 kali lebih banyak. Kandungan riboflavin {vitamin B2) juga 2,5 kali lebih banyak, niasin (4 kali), vitamin B6 (7,5 kali), dan asam folat (1,6 kali). Tingginya nilai gizi roti gandum nembuatnya tidak kalah dari roti putih yang difortifikasi. Namun, lebih baik membeli roti gandum yang telah ditambah kalsium dan berbagai vitamin. Belakangan ini, roti diperkaya asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA), terutama kelompok omega-3 seperti EPA {asam esikosapentaenoat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). Penelitian membuktikan, PUFA dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memusatkan perhatian dan penglihatan (visual}, serta memecahkan masalah.
Manfaat Roti Gandum

1.     Fiber mencegah sembelit (konstipasi), wasir (hemorrhoids) dan penyakit diverticulosis (tumbuhnya divertikula dalam usus besar).
2.    Fiber juga dikenal dapat mencegah resiko penyakit kanker terutama kanker usus besar (colon) dan kanker payudara.
3.    Selain itu, fiber juga mampu membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan jumlah kolesterol total sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.
4.    Lebih lanjut, fiber juga mampu menurunkan gula darah sehingga membantu mengatasi penyakit diabetes.
5.    Terakhir tetapi tentunya bukan yang paling akhir, kandungan fiber akan menjaga tubuh Anda selalu langsing karena hampir tidak mengandung kalori sama sekali dan akan membuat Anda merasa kenyang. Karena itu roti gandum utuh sangat cocok untuk program diet.

Roti Gandum, Energinya Melebihi Nasi
Dibandingkan dengan nasi dan mi yang sering dikonsumsi, roti gandum termasuk sumber energi yang lebih baik. Contohnya, kalau 100 gram nasi mengandung energi sebesar 178 kalori dan 100 gram mi mengandung 86 kkal, pada 100 gram roti gandum energinya bisa mencapai 248 kalori.
Selain kandungan energi lebih tinggi, kandungan serat yang terdapat pada roti gandum juga lebih baik, sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama. Sebenarnya roti gandum dan roti putih tidak jauh berbeda. Keduanya berasal dari gandum. Bedanya, roti putih terbuat dari tepung terigu, sedangkan roti gandum terbuat dari tepung gandum.
Tepung terigu merupakan hasil penggilingan biji gandum yang paling dalam (endosperm), sedangkan tepung gandum merupakan hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, sehingga kandungan seratnya lebih tinggi daripada tepung terigu putih.
Roti gandum yang asli adalah roti yang terbuat dari 100 persen tepung gandum. Roti gandum yang berkualitas baik dapat dilihat dari remah yang berwarna gelap dan memiliki butir-butiran cokelat yang berasal dari kulit aari biji gandum. Roti gandum asli juga bisa dilihat dari kulit roti (crust) yang lebih gelap dan kasar, sedangkan roti putih cenderung berwarna kuning keemas    an.
Inilah yang membuat kandungan gizi roti gandum lebih unggul dibanding roti putih. Kandungan serat pada roti gandum hampir enam kali lipat kandungan serat pada roti putih. Selain itu, roti gandum mempunyai kandungan karbohidrat dan energi yang sedikit lebih rendah dibanding roti putih. Hal itu yang menyebabkan roti gandum baik untuk menjaga berat badan ideal.

Referensi :
http://belindch.wordpress.com/2009/10/26/roti-roti-gandum/