Pages

Saturday, November 24, 2012

IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING

Pengertian Cloud Computing 

Cloud computing adalah komputasi berbasis internet dimana semua layanan dapat digunakan atau di akses melalui internet. Secara teknis gabungan dari banyak server untuk menyediakan sumber daya agar dapat di mafaatkan bersama. Sumber daya bisa berupa apliaksi, storage, data dan lain lain. Sebenarnya sebagian teknologi ini sudah akrab denga kita seperti layanan email, yahoo, plasa, google, Hotmail, skydrive, google doc dan office Web app.

Layanan Cloud Computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja dan alat apa saja seperti layanan email bisa di akses dari kantor, rumah, warnet menggunakan komputer, handphone atau tablet asalkan semua terkoneksi ke internet.

Implementasi Cloud Computing

Ada tiga poin utama yang diperlukan dalam implementasi cloud computing, yaitu :

1.     Computer Front End,  biasanya merupakan computer desktop biasa.
2.     Computer Back End, dalam skala besar bias berupa server computer yang dilengkapi dengan data center dalam rak-rak besar. Pada umumnya computer back end harus mempunyai kinerja yanh tinggi, karena harus melayani, mungkin hinggga ribuan permintaan data.
3.     Penghubung antara keduanya, bisa berupa jaringan LAN atau internet. Semua pengguna computer yang pernah mengakses internet, secara sadar atau tidak sadar pasti pernah melakukan cloud computing. Pasti semua pengguna internet pernah mengakses google. Ketika penguna mengakses google sebenernya dia sedang melakukan cloud computing.

Penerapan komputasi awan yang mulai banyak dibicarakan sebagai “green IT” atau teknologi informasi ramah lingkungan, ada sebagian orang yang membuka kesempatan kepada kalangan bisnis yang berminat mengaplikasikannya guna mendukung kapasitas dan kecepatan akses informasi. Misalnya komunitas bisnis dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, kemudian kini masuk Bali dan Nusa Tenggara, dan tujuan kehadiran komputasi awan di Bali dan kawasan timur Indonesia bukan untuk melakukan penyisiran atau “sweeping” terkait maraknya penggunaan perangkat lunak atau system komputer bajakan, melainkan untuk mendukung pengembangan bisnis yang akan berbanding lurus terhadap kemajuan ekonomi daerah.

Jadi dengan adanya komputasi awan ini, penerapan teknologi informasi tepat guna bagi peningkatan produktivitas dan penciptaan efisiensi bisnis sangat memudahkan sekali bagi masyarakat.

Cloud computing  dapat diimplementasikan dengan cara menyediakan komponen-komponen berupa server, hardware, dan jaringan yang dibutuhkan pelanggan dengan harga tertentu. Penyediaan ini dilakukan oleh vendor. Pelanggan dapat melakukan instalasi aplikasi yang digunakannya pada infrastruktur tersebut.

Contoh Implementasi Aplikasi Menggunakan Cloud Computing


Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.

Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.

Referensi :